Cara Membuat Landing Page

Cara Membuat Landing Page

Caramembuatlandingpagess.blogspot.com Cara Membuat Landing Page. Marketing

Dec 07, 2020

Nadia A.

5menit Dibaca

Bagaimana Cara Membuat Landing Page yang Efektif?

Link iconSalin linkDisalin!Twitter logo Facebook logo LinkedIn logo Email icon

Sebagai seorang pebisnis, Anda kudu membawa dampak landing page untuk website Anda. Membuat landing page merupakan salah satu strategi online marketing untuk menggaet pelanggan baru dan juga trafik ke website Anda. Di artikel ini, Anda akan mempelajari langkah membawa dampak landing page dan memperoleh tips ekstra perihal langkah mengoptimasinya.

Buat website untuk bisnis Anda dan jangkau lebih banyak pelanggan dari semua dunia! Jual produk tak terbatas, 100% bebas komisi.

Mulai Sekarang

Daftar Isi

Apa Itu Landing Page?Mengapa Anda Membutuhkan Landing Page?Cara Membuat Landing Page untuk Menghasilkan Conversion Rate TinggiBuat Conversion GoalMembuat Value Proposition yang Jelas dan LugasBuat Call to Action (CTA) yang Sangat MenarikMembuat Landing Page dengan Zyro Website BuilderCara Membuat Landing Page di WordPressPro-Tips untuk Membuat Landing Page yang MutakhirGunakan Google Analytics untuk Conversion TrackingKesimpulan

Apa Itu Landing Page?

Landing page adalah halaman website statis yang berfokus pada memperoleh leads melalui aksi tertentu. Aksi tersebut sanggup berbentuk satu page yang terjalin dengan website utama Anda atau terintegrasi sebagai anggota dari website.

Fokus utama dari sebuah landing page sanggup banyak ragam tergantung pada model bisnis yang Anda jalankan. Yang paling umum adalah landing page yang berguna sebagai pengarah pengunjung untuk mendaftarkan account supaya memperoleh uji coba gratis, newsletter mingguan, atau memberikan produk ke keranjang dan juga wishlist.

Mengapa Anda Membutuhkan Landing Page?

Homepage website reguler sanggup saja berantakan sebab dipenuhi menu, postingan, link, sidebar, dan lain-lain. Maka dari itu, punya landing page terlampau beruntung sebab memfokuskan tindakan spesifik akan meningkatkan conversion rate.

Contohnya, terkecuali Anda tengah berada di homepage Google Docs, perhatian Anda akan berfokus pada value proposition dan frasa call to action. Sehingga, sementara Anda membacanya, Anda akan tertarik untuk gunakan layanan Google Docs saat mendambakan membawa dampak dokumen secara online.

landing page google docs

Landing page sanggup meningkatkan tingkat respon pengunjung website, sebab Anda perlihatkan perihal yang kudu dijalankan oleh pengunjung situs. Rata-rata, conversion rate yang dihasilkan sebesar 2.35%, dengan 10% teratas perusahaan punya tiga sampai lima kali lebih tinggi dari itu.

Usaha Anda didalam membawa dampak pemasaran, pengiklanan, dan social tempat outreach akan mempunyai dampak positif terkecuali Anda memasang strategi-strategi tersebut pada landing page secara efektif.

Cara Membuat Landing Page untuk Menghasilkan Conversion Rate Tinggi

Berikut ini adalah langkah-langkah yang kudu Anda laksanakan sebelum akan membawa dampak landing page.

Buat Conversion Goal

Tentukan action yang paling efisien untuk ditempatkan pada landing page, dan pastikan supaya campaign tersebut sesuai dengan bisnis Anda.

Pikirkan perihal obyek utama Anda. Apakah Anda mendambakan membawa dampak pengunjung membeli sesuatu, membawa dampak mereka mendaftarkan monthly subscription, atau men-download aplikasi tertentu?

Untuk meraih obyek yang sudah direncanakan, Anda kudu untuk memecahnya ke obyek yang lebih kecil. Anda sanggup mendorong pengunjung supaya mendaftarkan account untuk mencoba uji coba gratis sepanjang 30-hari, memperoleh ebook, newsletter mingguan, atau voucher diskon.

Sebagai contoh, landing page Spotify akan mengarahkan Anda untuk mendaftarkan account dan gunakan versi gratisnya. Namun, Anda akan mendengarkan beberapa iklan di pada lagu. Jika Anda mendambakan mendengarkan lagu tanpa ada gangguan, Anda kudu membeli paket premium.

Ketahui teliti perihal audiens Anda dan ingatlah senantiasa perihal mereka. Untuk itu, analisa lah obyek user Anda beserta perilakunya. Tentukan average user-nya dan membuat lah seolah-olah Anda adalah mereka. Maka, Anda akan tahu apa yang mereka butuhkan.

Landing page Anda kudu berfokus pada optimasi yang menghasilkan conversion rate yang mendambakan dicapai.

Membuat Value Proposition yang Jelas dan Lugas

Setelah itu, Anda kudu mencantumkan keuntungan dari action yang ditargetkan dengan jelas. Jangan menuliskan hal-hal umum seperti ‘Solusi paling baik untuk Anda” atau “Temukan kebahagiaan Anda di sini”.

Anda kudu menuliskannya secara singkat, powerful, dan spesifik. Maka, pesan yang disampaikan akan jelas. Jika perlu, tambahkan tagline simpel sepanjang menunjang value proposition utama Anda.

Sebagai contoh, mari memandang ulang bagaimana Spotify menyimpan “Spotify free” dengan tambahan “Jutaan lagu. Tanpa kartu kredit” sebagai tagline-nya. Dengan ini, Anda tahu value proposition Spotify adalah sediakan musik supaya sanggup didengarkan oleh semua orang. Keuntungannya adalah banyak sekali koleksi lagu yang sanggup didengarkan secara gratis.

Buat Call to Action (CTA) yang Sangat Menarik

Setiap landing page kudu punya call-to-action yang tahu dan gampang dipahami. Call-to-action yang tahu adalah elemen utama yang menuntun pengunjung untuk laksanakan langkah setelah itu atau required action.

Entah berbentuk formulir atau tombol, buatlah tampilannya semenarik bisa saja dan gampang untuk diklik. Gunakan warna yang ccerah dan kontras dengan warna untama landing page, seperti yang dijalankan oleh Spotify. Spotify gunakan warna hijau sebagai tombol CTA pada background landing page yang dominan dengan warna oranye dan kuning.

landig page spotify

Jangan lupa untuk memasukkan teks pendek yang menarik dan to the point dengan ukuran font yang sanggup dibaca.

Pastikan juga gambar atau elemen desain yang Anda melampirkan sanggup menunjang CTA dan tidak mengganggu perhatian pengunjung.

Berikut ini beberapa CTA yang sering digunakan:

Sign-up for our newsletterRead more articlesMulai sekarangBeli sekarangUji coba gratis

Setelah Anda selesai dengan urusan layout, kini saatnya untuk membawa dampak landing page.

Membuat Landing Page dengan Zyro Website Builder

cara membawa dampak landing page di zyro

Dengan Zyro Website Builder, Anda sanggup membawa dampak single landing page secara gratis. Selain jadi solusi cepat dan mudah, platform ini juga dioptimasi untuk membawa dampak landing page yang mulus dan sanggup menghasilkan banyak conversion rate.

Jika Anda tidak mendambakan membuatnya dari nol, Zyro sediakan template yang dibuat oleh desainer dan siap untuk dikustomisasi sesuai dengan keinginan. Platform ini juga SEO-friendly, jadi Anda tidak kudu cemas perihal peringkat Anda di SERPs.

Platform ini juga punya AI Heatmap yang terlampau berguna untuk menghimpun ide-ide layouting seperti posisi tempatkan tombol CTA dan informasi utama. Jika Anda susah didalam membawa dampak konten, AI Writer sanggup menunjang Anda untuk membawa dampak teks landing page.

Anda juga sanggup mengintegrasikannya dengan platform tempat sosial, namun Anda memerlukan paket premium Zyro untuk memperoleh fitur ni.

Berikut ini adalah langkah langkah membawa dampak landing page dengan Zyro:

Daftarkan akun, pilih template landing page sesuai permohonan Anda template landing pageKustomisasi landing page Anda dengan langkah klik Add Elements dan masukkan tombol CTA, gambar, membuat teks dengan gunakan fitur drag-and-drop. membuat landing page dan memberikan elemenJangan lupa untuk pratinjau tampilan pada PC dan mobile, pastikan bahwa layoutnya prima pada dua perangkat tersebut.Setelah Anda puas dengan hasilnya, klik Onlinekan website untuk mengonlinekan landing page.

Cara Membuat Landing Page di WordPress

Jika Anda punya website WordPress dan punya niat untuk membawa dampak landing page, maka ikuti langkah-langkah tersebut ini:

Pada dashboard WordPress Anda, arahkan kursor ke Pages dan pilih Add New. Atau, Anda sanggup mengedit Homepage supaya lebih mudah.Klik tombol Add Block pada pojok kiri atas block editor. Masukkan block ke elemen desain landing page Anda – judul, cover, teks, dan tombol. membuat landing page wordpressKlik Publish lalu ulang ke dashboardArahkan kursor ke Appearance dan pilih Customize. Klik Homepage Settings dan pilih A static page. Tetapkan landing page sebagai Homepage. Pastikan Anda punya halaman blog juga untuk mengunggah postingan.

Pro-Tips untuk Membuat Landing Page yang Mutakhir

Setelah meluncurkan landing page, Anda bisa saja mendambakan membuatnya menghasilkan konversi. Berikut kami memberikan beberapa tips yang kudu Anda laksanakan setelah membawa dampak landing page:

Gunakan Google Analytics untuk Conversion Tracking

Google Analytics adalah tool paling baik untuk pilih obyek dari dibuatnya landing page Anda. Anda sanggup tahu seberapa baik performa website Anda dengan mengobservasi conversion rate yang dihasilkan.

Tool ini punya proses pelaporan yang sanggup menunjang Anda didalam meraih obyek bisnis, seperti:

Laporan konversi secara realtime dimana Anda sanggup memandang kesibukan pada landing page. laporan realtimeConversions Overview yang punya metrics pada Goal Completions dan Goal Conversion Rates. ilustrasi overview konversiMulti-channel Conversion Visualizer yang menampilkan informasi dari path baru perihal dari mana konversi ini berasal. visualisasi koversi multi-channel

Jadi, gunakan lah Google Analytics untuk memperoleh information yang sanggup digunakan sebagai bahan diskusi dan berpikir perihal bagaimana caranya mengoptimasi landing page Anda.

Lakukan A/B Test Landing Page

Jika landing page yang dimiliki ada beberapa versi, Anda sanggup membandingkannya dengan tool A/B testing. Dengan A/B testing, Anda sanggup pilih desain mana yang akan dipakai dengan mudah.

Google Optimize punya tool A/B testing yang terintegrasi dengan Analytics dan memungkkinkan Anda utnuk mobilisasi beberapa versi landing page yang sama didalam satu halaman website. Tool ini gampang untuk disetup dan sekaligus cepat sebagaimana eksperimennya sanggup dijalankan hanya dengan beberapa klik.

Anda sanggup merubah warna dan posisi tombol, atau menerapkan bermacam call-to-action dan memandang apakah Anda sanggup memperoleh lebih banyak konversi. Selain itu, terkecuali Anda kehilangan pengunjung, Anda sanggup tahu penyebabnya dengan menggali information Analytics Anda melalui Google Optimize.

Anda juga sanggup memeriksa apakah pembuat landing page punya fitur A/B testing bawaan. Atau, terkecuali Anda gunakan WordPress, Anda sanggup gunakan plugin gratis seperti A/B testing untuk WordPress.

Kesimpulan

landing page adalah website atau halaman website yang berdiri sendiri yang punya obyek untuk merubah pengunjung jadi mengambil tindakan yang di inginkan seperti laksanakan pembelian atau mengirimkan informasi kontak. Ini merupakan keharusan bagi setiap bisnis.

Anda sanggup membawa dampak dan meluncurkan yang gunakan pembuat landing page seperti Zyro atau WordPress. Pastikan bahwa ia punya obyek yang ditetapkan, proposisi nilai segera yang jelas, dan ajakan untuk bertindak.

Untuk melangkah lebih jauh, lacak kinerja landing page Anda gunakan Google Analytics atau tool A/B testing terkecuali Anda punya beberapa landing page. Semoga berhasil.

AuthorPenulis

Nadia Agatha

Nadia merupakan penerjemah lepas sejak 2016, kini ia jadi penerjemah untuk Hostinger. Ia gemar membaca dan laksanakan penelitian seputar penerjemahan dan sosiolinguistik. Disamping itu, ia juga puas bermain dengan kucingnya dan bercengkrama dengan teman-temannya di sementara senggang.

Tutorial lain dari Nadia Agatha
Sumber Cara Membuat Landing Page: https://www.hostinger.co.id/tutorial/membuat-landing-page

Comments

Popular posts from this blog

Template Landing Page Gratis

Template Landing Page Blogspot Gratis

Download Template Landing Page Blogspot Gratis